Minggu, 19 Mei 2013

Self Confidence Building / Membangun Rasa Percaya Diri


Terkadang, seseorang sangat sulit untuk membangun kepercayaan dirinya. Terutama ketika tidak dapat menghadapi dan menyelesaikan sebuah permasalahan. Sehingga, kepercayaan diri itu kemudian luntur dan mematahkan motivasi hidup. 

Untuk itu ada beberapa cara dalam membangun kepercayaaan diri yang akan saya share kan disini dan saya sadari semuanya tidak ada yang sempurna. Karenanya mohon sumbang sarannya jika diperlukan. Yaitu :

*** Kenalilah ketidaknyaman dalam diri.
Kenalilah, apa yang dikatakan suara dibelakang pikiran anda ? Apa yang membuat anda merasa malu pad diri sendiri? Apapun yang membuat anda tidak merasa layak, malu atau rendah, identifikasilah hal tersebut. Beri nama dan tuliskan pada potongan potongan kertas.

*** Kenakan potongan kertas itu pada lengan anda setiap hari. Bicarakan satu persatu permasalahan tersebut dengan teman teman anda, orang terdekat anda, orang terkasih anda. Mulailah menyelesaikan permasalahan satu persatu. Anda juga harus mulai menyingkirkan pikiran2 buruk mangenai diri anda. Belajarlah untuk menerima diri sendiri, masa lalu, keadaan diri tanpa harus memikirkan mereka sebagai ''hal buruk''.

*** Ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna. Pada beberapa titik dalam hidup, kita meungkin merasakan sesuatu yang kurang. Namun, hal itu adalah kenyataan. Pelajari bahwa hidup penuh '' gundukan 2'' di jalan.

*** Setiap orang pasti memliki sesuatu yang baik, maka temukanlah dalam diri anda, identifikasi keberhasilan diri dan biarkan anda merasa bangga didalamnya. Rendah diri adalah keadaan ppikiran dimana anda telah menyatakan diri sebagai korban. Jangan biarkan diri anda menjadi korban. Temukan minat dan bakat anda, apakah itu melalui kesenian, olah raga, menulis dll. Semua orang dilahirkan dengan bakat dan kekuatan, anda dapat mengembangkannya.


*** Membangun rasa percaya diri juga bisa dipupuk lewat rasa syukur. Bersyukur dapat melengkapi rasa tidak puas, sehingga dengan bersyukur batin anda akan lebih tenang.


*** Tetaplah dalam pikiran dan rasa positif. Hindari mengasihi diri sendiri atau mengharap kasihan dan simpati orang lain. Jangan pernah biarkan orang lain membuat anda merasa rendah diri, mereka hanya dapat nelakukannya jika anda membiarkan mereka, anda mengizinkan semua itu terjadi.

Berbicara positif tentang diri anda dapat menambah motivasi kemajuan anda. Dengan demikian, anda memperkuat ide ide dalam pikiran anda dan mendorong pertumbuhan anda dalam arah yang positif.

*** Tak perlu alergi terhadap pujian, terima pujian dengan anggun. Jangan memutar mata anda dan berkata,'' ya, benar'' atau menepisnya. Sampaikanlah terimakasih dengan senyuma yang tulus.


*** Tetaplah pada prinsip pprinsip anda. Mungkin akan sulit, tetapi jika anda tidak memiliki sesuatu yang bisa dipercaya, anda tidak punya apa apa. Jika anda tidak berdiri untuk sesuatu, anda akan jatuh untuk apapun. Tak peduli apa yang terjadi dalam hidup, anda selalu dapat mengklaim fakta bahwa sejak hari ini anda telah mwngikuti prinsip2 yang terbaik dari kemampuan anda.

*** Gak perlu sungkan untuk membantu orang lain. Berbuat kebaikan terhadap orang lain disekitar dapat membuat perbedaan positif dalam kehidupan lingkungan anda dan sekitar anda. Bahkan jika hanya menjadi lebih ramah kepada pelayan toko, tersenyum pada tukang parkir atau membantu menyebrangkan seseorang melewati padatnya jalanan. Anda akan menemukan bahwa anda dapat menjadi kekuatan positif bagi orang lain. Sehingga, hal itu dapat membantu membangun kepercayaan diri dalam berinteraksi dengan orang banyak.




*** Seperti dalam status tadi pagi, bahwa ekspresi wajah anda benar benar dapat mendorong otak anda untuk mendaftarkan emosi tertentu. Dengan acuan teori wajah umpan balik, anda bisa melatih emosi tertentu. Dan untuk membangun rasa percaya diri anda dapat melihat dicermin dan tersenyum setiap hari. Anda bisa merasa bahagia dengan diri anda sendiri dan lebih percaya diri.

.
.
Semoga manfaat.

#eling.siang.note.self.confidence.building
Plumpang, Tanjung Priuk
07-03-2013, 14:01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkanlah jejak anda saat anda sudah membaca artikel di blog ini, dengan berkomentar yg santun, sesuai dengan isi dari artikelnya.

Berkomentarlah menggunakan Name/URL atau akun Google anda, komentar yg menggunakan "Anonymous" akan saya hapus.

Maaf, untuk artikel spam/iklan/cuma membuang link hidup saja, maka komentar anda pasti akan saya hapus.

Terimakasih untuk kunjungan Anda di blog ini. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...